16 April 2016

Unknown

Jepang Selatan Kembali Diguncang Gempa 7,3 Skala Richter



Gempa dengan kekuatan lebih besar mengguncang Prefektur Kumamoto di Pulau Kyushu, Jepang selatan, sehari setelah bencana serupa terjadi di kawasan yang sama.

Kali ini, gempa berkekuatan 7,3 pada skala Richter melanda Kota Kumamoto, Prefektur Kumamoto, pada Sabtu (16/04) pukul 01.25 waktu setempat.

Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu menewaskan tiga orang, menurut stasiun televisi NHK.

Sesaat setelah gempa terjadi, peringatan tsunami dikeluarkan. Namun, peringatan itu dicabut 50 menit kemudian.

Dari pemantauan wartawan BBC di Tokyo, Rupert Wingfield-Hayes, gempa telah merusak balai kota sehingga dikhawatirkan akan rubuh. Kemudian sebuah rumah sakit telah mengevakuasi semua pasiennya karena kondisi di dalam gedung tak lagi aman.

Ada berbagai laporan yang menyebutkan sejumlah orang masih terjebak di dalam gedung-gedung, termasuk sedikitnya 60 orang di dalam panti jompo.

Sementara itu, ribuan orang ke luar dari rumah masing-masing dan memadati jalan-jalan dan taman Kota Kumamoto. Di sana mereka berkumpul dengan memakai selimut, kelihatan bingung dan cemas.

Gavin Hayes, seorang peneliti geofisika dari badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), mengatakan gempa terkini akan mengakibatkan kerusakan lebih besar mengingat kawasan yang sama telah diguncang gempa berkekuatan 6,2 pada skala Richter, Kamis (14/04).

sumber : bbc.com

Subscribe to this Blog via Email :