14 April 2016

Unknown

Kapal Perang dan Pesawat Spy Canggih P-8A Milik AS Datang Ke Indonesia

Amerika Serikat (AS) dalam mengirim kapal perang penghancur atau destroyer dan pesawat mata-mata (spy) canggih P-8A Poseidon ke Indonesia untuk bergabung dalam latihan perang atau manuver bertajuk Multilateral Naval Exercises Komodo (MNEK) 2016 di Padang.

Latihan perang gabungan dua tahunan yang digelar Indonesia mulai Selasa kemarin melibatkan total 35 negara.

Angkatan Laut dari puluhan negara itu menjalani skenario untuk meningkatkan cara berbagi informasi dan kerjasama maritim. Ada 18 negara ASEAN-Plus (10 negara ASEAN plus Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, Rusia, Korea Selatan dan AS) yang berpartisipasi.

Armada Ketujuh Angkatan Laut AS dalam pernyataannya mengkonfirmasi keikutsertaan AS dalam MNEK 2016. Kapal perang destroyer yang dikirim AS ke Indonesia untuk misi ini adalah kapal perusak berpeluru kendali USS Stockdale (DDG-106) dan kapal Patrol Squadron (VP) 8.

Pesawat mata-mata canggih P-8A Poseidon juga ikut dilibatkan AS dalam MNEK 2016. Pesawat P-8A dalam beberapa bulan terakhir telah menarik perhatian yang signifikan karena bermanuver di Laut China Selatan yang memicu ketegangan dengan China.

“Kami sangat bersemangat untuk pergi ke laut dan melaksanakan fase laut yang menantang dalam mendukung Komodo 2016,” kata Komandan Kapal USS Stockdale, Cmdr. Sean Grunwell, dalam pernyataan, seperti dilansir Diplomat, Rabu (13/6/2016).

“Latihan ini memungkinkan pelaut kami untuk menunjukkan keahlian mereka sebagai pelaut profesional, kami beroperasi bersama-sama di laut dengan kapal-kapal dari angkatan laut di seluruh wilayah,” lanjut dia.

sumber : sindonews.com

Subscribe to this Blog via Email :